Tanggal 19 bulan Oktober pada tahun 1984 adalah hari pertama saya menghirup segarnya udara dunia ini. Terlahir di kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Kedua orang tua yang sedang berbahagia itu memberi nama yang luar bisa dan penuh arti kepada saya “Yossytama Kurniawan“.

Mulai dari kecil saya tinggal di kota Blitar. Masuk ke pendidikan awal (TK Santa Maria pada tahun 1989) kemudian dilanjutkan masuk SD Santa Maria pada tahun 1991 dan lulus tahun 1997.

DrumBand2 Saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD Santa Maria) saya tergabung dalam anggota drumband sekolah. Saya sering tampil pada saat ada karnaval peringatan 17 Agustus ataupun lomba – lomba drumband yang ada. Specialis memegang alat musik drum, meskipun sudah pernah merasakan menggunakan alat musik yang lain.

Puji syukur kepada Tuhan YME akhirnya saya bisa diterima di SMP paling bagus di kota Blitar dan lulus pada tahun 2000. Karena berasal dari sekolah nomor 1 di kota Blitar sangat memudahkan saya untuk masuk ke SMA terbaik di kota Blitar pada tahun 2000 dan lulus pada tahun 2003. Keinginan saya setelah lulus dari SMA adalah: saya ingin melihat Indonesia dan dunia, saya ingin keluar dari kota Blitar dan melihat kota-kota lain serta negara – negara lain.

Akhirnya hati ini jatuh cinta pada kota Pelajar yang mendapat sebutan “Kota Gudeg”. Nuansa dan suasana kota serta masyarakat yang ada di Yogyakarta membuat saya ingin tinggal di kota tersebut. Dan saya mendaftarkan diri ke Jurusan Teknik Informatika pada tahun 2003 di salah satu Universitas swasta favorite di Yogyakarta, yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kota ini memang indah, nyaman, murah, banyak tempat wisata dan merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Banyak sekali kenangan indah, lucu, konyol, menyedihkan dan terharu selama saya berada di kota Yogyakarta. Yang pasti saya sangat senang dan tidak akan pernah melupakan uniknya kota Yogyakarta.

Sebagai kota tujuan wisata tentunya Yogyakarta dan sekitarnya banyak memiliki situs-situs kebudayaan dan tempat menarik untuk dikunjungi. Seperti contohnya: Malioboro, Kraton Jogjakarta, Monumen Jogja kembali, museum Affandi, Stasiun Tugu, Taman Sari, Taman Pintar, Candi Borobudur (salah satu dari 7 keajaiban dunia), Candi Prambanan, Pantai Prangtritis, Pantai Samas dengan mercusuarnya, Kota Gede pusat kerajinan perak, desa Kasongan sebagai pusat gerabah, desa wisata Tembi, gua Cerme, wisata rohani Nasrani Sendang Sono dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang menanti kunjungan kita.

Ketika saya kuliah saya sudah memulai untuk bekerja, karena saya kuliah di bidang IT maka saya lebih banyak bekerja di bidang IT juga. Di tahun 2003 saya sempat bekerja sebagai marketing freelance sebuah toko komputer di Yogyakarta dan akhirnya mendapat tawaran untuk menjadi staff bagian penjualan di toko itu. Saya juga pernah membantu teman merintis usaha toko komputer pada tahun 2005. Pada tahun 2006 saya bekerja menjadi operator di sebuah warnet dan saya bisa menggunakan internet sepuasnya, keuntungan itulah yang sangat digemari oleh banyak mahasiswa (bisa merasakan internet gratis dan sepuasnya). Tahun 2007 saya mulai mengenal dunia di luar IT, ternyata banyak hal yang belum saya ketahui dengan benar dan pasti. Saya mulai mengenal usaha di bidang jasa dan mulai terjun pada tahun 2007. Inilah awal karier saya, yang menghantarkan saya masuk kehidupan nyata serta mewujudkan mimpi saya untuk melihat dunia.

Saya senang sekali jalan-jalan, saya selalu menikmati setiap perjalanan yang saya lakukan. Jika menemui tempat yang asyik, tidak jarang saya berhenti sejenak dan berfoto di tempat itu. Saya menyenangi wisata alam dengan pemandangan gunung ataupun pantai, kota – kota, bangunan tua serta museum. Kalau hanya ada seditik waktu dan sedikit budget biasanya saya melakukan “city tour” yang tidak jauh dan biaya murah. Rasanya pikiran dan tubuh menjadi segar kembali setelah refreshing menghirup segarnya udara pegunungan ataupun menyaksikan matahari terbenam dari tepi pantai atau sekedar melihat kereta api di stasiun 🙂
Jika merasa penat, tidak jarang saya keluar rumah, meski hanya di depan rumah…. sambil membawa kamera, jepret sana sini yg terlihat menarik

 

Itulah makanan kesukaan saya….. Saya paling suka makan ice cream, foto itu saat saya sedang makan ice cream Zangrandi, hmmm yummy. Buah yang menjadi favorite saya adalah durian. Foto itu saat saya sedang makan durian di Lampung, ternyata buah durian di Lampung sangat legit, dagingnya tebal rasanya manis sekali dan aromanya sungguh wangi. Jika tidak salah, saat itu saya sering membeli durian di daerah Kemilingg. Suatu saat saya pasti akan kembali ke Lampung untuk kembali membeli durian lagi. Dan yang selalu saya ingat adalah martabak manis keju susu Lampung, kejunya banyak dan susunya sampai seperti kuah.

Saya senang dengan dunia fotografi, meski pemula yang baru belajar. Yang saya utamakan adalah ide dari foto yang diambil, meski secara kualitas foto biasa saja dan cenderung biasa tetapi dengan ide yang creative maka hasil foto akan terlihat cukup menarik. Tentunya perlu belajar dan banyak mencoba untuk mendapat hasil yang memuaskan. Dengan kamera SLR pemula saya belajar mengoptimalakan kemampuan kinerja kamera saya dan tentunya juga meningkatkan ketajaman ide creative dalam dunia fotografi.

Tidak jarang foto natural terlihat menarik karena banyak hal yang mendukungnya, seperti kesesuaian objek dengan backgroundya, pencahayaan dan sudut pengambilan yang tepat, kualitas optimal serta mode yang dipilih pada camera yang digunakan, tujuan pengambilan gambar tersebut, dan masih banyak lagi hal yang mempengaruhinya 🙂

Perjalanan hidupku masih panjang, aku harus menulisnya dengan tinta emas agar orang lain pun senang membacanya, terlihat indah dan menarik untuk terus disimak…..